coia

Menu

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19
Anda memiliki kepedulian pada wartawan kami yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19)? Salurkan kepedulian dan kasih Anda dengan mengirimkan donasi ke * BANK BCA NO REKENING 2291569317 * BANK BNI NO REKENING 0428294880 * BANK BRI NO REKENING 0539-01-008410-50-1 Semoga Tuhan YME membalas dengan rezeki yang bertambah.

Pencarian

Rabu, 03 Juni 2009

Sebagian Besar Kiai NU Jatim Dukung JK-Win

* PRESIDENTIAL *
-SURABAYA — Sebagian besar kiai pengasuh pondok pesantren Nahdlatul Ulama di Jawa Timur mendukung pasangan capres dan cawapres Jusuf Kalla-Wiranto. Meski demikian, sebagai institusi organisasi masyarakat, Nahdlatul Ulama tak akan condong pada pasangan capres tertentu.


Demikian diungkapkan Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah, di sela pembukaan Musyawarah Kerja Wilayah I Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Selasa (2/6) di Surabaya.



Mayoritas kiai-kiai sepuh pengasuh pondok pesantren mendukung Jusuf Kalla-Wiranto (JK-Win). "Yang saya kagumi adalah persatuannya karena dulu waktu pilgub sempat terpecah-belah," ucapnya.



Waktu pilgub Jawa Timur, para kiai NU terpecah-pecah dalam kubu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Soekarwo-Saifullah (Karsa) dan Khofifah-Moedjiono (Kaji). Namun, saat ini mereka bersatu kembali.



Roh NU



Menurut Hasan, sebagai institusi, NU tak boleh memiliki kecenderungan pada partai maupun pasangan capres tertentu. Namun, ia tak mengingkari, roh NU berada pada sosok kiai-kiai sepuh.



Beliau-beliaulah yang bisa memandikan dan mendandani, serta menghidupkan NU. "Ketika para kiai memiliki kehendak dan kesepakatan, maka harus kami syukuri," tuturnya.



Hasan menambahkan, jika seorang kiai pengasuh pondok pesantren sekaligus pengurus NU akan menjadi juru kampanye pasangan capres tertentu, maka mereka secara resmi harus mengajukan cuti atau nonaktif dari kepengurusan NU terlebih dulu.



Dukungan para kiai NU terhadap pasangan JK-Win diakui Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur Kiai Haji Aziz Mansyur. Menurutnya, para kiai mendukung JK-Win karena pasangan tersebut memiliki komitmen jelas pada NU.



Dalam doa pembukaan Musyawarah Kerja Wilayah I PWNU Jawa Timur, pengasuh Pondok Pesantren Besuk, Pasuruan, Kiai Mas Ahmad Subadar mengungkapkan, jadikanlah JK Presiden RI yang menjaga akidah ahlussunah wal jamaah. Doa itu bukan kepastian, tetapi harapan. Para kiai berharap, pasangan JK-Win dapat menjadi perekat elemen bangsa yang bermacam-macam, tambah Hasan. (sihc/skoc)

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide, saran, masukan, kritik Anda di sini untuk membangun Indonesia yang jaya dan sejahtera. Bebas dan demokratis. Tapi jangan spam dong... Terimakasih

BERKARYA UNTUK BANGSA & NEGARA

Situs KIta CInTA (Kita Cinta Tanah Air) Indonesia kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia yang cinta tanah air dimana pun berada. Kami menantikan karya Anda untuk mengisi konten di situs ini. Baik itu tulisan maupun foto tentang pejabat partai, daerah, negara termasuk ativitas partai, pemerintahan mulai dari Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Juga segala kegiatan yang berkaitan dengan kenegaraan. Caranya, kirim karya tulis atau foto Anda ke e-mail: aagwaa@yahoo.com.

Komentar Anda