coia

Menu

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19
Anda memiliki kepedulian pada wartawan kami yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19)? Salurkan kepedulian dan kasih Anda dengan mengirimkan donasi ke * BANK BCA NO REKENING 2291569317 * BANK BNI NO REKENING 0428294880 * BANK BRI NO REKENING 0539-01-008410-50-1 Semoga Tuhan YME membalas dengan rezeki yang bertambah.

Pencarian

Sabtu, 08 Agustus 2020

Universitas Amerika Bantu Papua 70 Ventilator

KCI - JAKARTA: Sebanyak 70 ventilator bantuan dari University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah tiba di Bandar Halim Perdana Kusuma, Jakarta. 

Dijadwalkan ventilator untuk penanganan pasien terjangkit virus Corona (Covid-19) di Bumi Cenderawasih itu diberangkatkan Sabtu ini (08/8/2020) dan tiba hari Minggu (09/8/2020) di Jayapura. 

“Ventilatornya dijadwalkan tiba hari Minggu di Jayapura. Nanti diberangkatkan via Timika kemudian ke Wamena dan kemudian Jayapura menggunakan pesawat,” ungkap perwakilan PT Freeport Indonesia, Sutomo disela-sela acara serah terima barang antara URI, Pemprov Papua dan PT Freeport Indonesia, di Gensup Shipping and offsite exim, Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta,Jumat (7/8/2020).

Pada serah terima ventilator tersebut, Pemerintah Provinsi Papua diwakili, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule, Perwakilan URI Indonesia, Diana Devi dan Dian Novita Sari serta Sutomo, perwakilan PT Freeport Indonesia.

Rektor URI, Dr. David M. Dooley, PhD mengatakan bantuan ventilator ini merupakan wujud kerjasama antara URI Amerika dengan Pemerintah Provinsi Papua. 

Dirinya bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP.MH tahun 2019 telah menandatangani kerjasama pendidikan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Keduanya sepakat menjalin kerjasama penelitian dan pelatihan dan pengembangan SDM putra-putri asli Papua. 

“Kerjasama kami terjalin baik. Kepada bapak gubernur Papua bapak Lukas Enembe, saya kirimkan salam sejahtera dari University of Rhode Island. Terima kasih kami ucapkan kembali, atas kunjungan bapak dan delegasi ke Rhode Island tahun lalu dan menandatangani perjanjian kerja sama,” ungkapnya.

Dooley mengatakan sejak pandemi Covid-19, URI berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi melalui Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua Aryoko AF Rumaropen untuk bantuan ventilator ini.

“Ventilator itu dikembangkan peneliti-peneliti URI melibatkan mahasiswa Papua dengan para dokter di Amerika. Kami mendesain ventilator yang inovatif sehingga dapat berfungsi sebagai peralatan ventilator tambahan di rumah sakit untuk merawat pasien yang terkena Covid-19,” katanya.

Ventilator desain URI dikembangkan dengan menciptakan ventilator dengan mengubah perangkat CPAP dan BiPAP. Setiap paket ventilator berisi sirkuit lengkap untuk penanganan pasien Covid-19.

Sementara itu, Gubernur Papua yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes mengatakan bantuan ventilator ini akan disebar ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Papua. "Bantuan ini untuk rumah sakit rujukan Covid-19 di Jayapura, Mimika, Wamena dan daerah-daerha lainnya,"ungkap Kayame kepada awak media. ***
 --------------------------------------------------------------------------- 
Berita Anda ingin dimuat di Kicita atau Media Nasional dan Daerah di Indonesia? Silakan kirim release atau hubungi kami di 087783358784 atau e-mail: aagwaa@yahoo.com. Kami memiliki jaringan kuat dengan media terakreditasi baik cetak, online, radio maupun televisi. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide, saran, masukan, kritik Anda di sini untuk membangun Indonesia yang jaya dan sejahtera. Bebas dan demokratis. Tapi jangan spam dong... Terimakasih

BERKARYA UNTUK BANGSA & NEGARA

Situs KIta CInTA (Kita Cinta Tanah Air) Indonesia kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia yang cinta tanah air dimana pun berada. Kami menantikan karya Anda untuk mengisi konten di situs ini. Baik itu tulisan maupun foto tentang pejabat partai, daerah, negara termasuk ativitas partai, pemerintahan mulai dari Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Juga segala kegiatan yang berkaitan dengan kenegaraan. Caranya, kirim karya tulis atau foto Anda ke e-mail: aagwaa@yahoo.com.

Komentar Anda