coia

Menu

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19
Anda memiliki kepedulian pada wartawan kami yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19)? Salurkan kepedulian dan kasih Anda dengan mengirimkan donasi ke * BANK BCA NO REKENING 2291569317 * BANK BNI NO REKENING 0428294880 * BANK BRI NO REKENING 0539-01-008410-50-1 Semoga Tuhan YME membalas dengan rezeki yang bertambah.

Pencarian

Rabu, 17 Juni 2020

Penyuluh Dan Petani Sehat, Keamanan Pangan Terjaga Selama Covid-19

KCI - BANYUASIN: Demi menjaga agar pertanian tidak terganggu maka petani dan penyuluh tetap harus turun ke lapangan dalam masa pandemi virus corona (Covid-19). Untuk itu petani dan penyuluh harus tetap menjaga kesehatan sehingga bisa terus berdampingan mengamankan pertanian.
Menjaga tanaman dari serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) golongan gulma menjadi kegiatan rutin para petani di Kecamatan Karang Agung Ilir, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan untuk menjaga produktivitas. Dalam melaksanakan kegiatan rutin ini petani didampingi oleh penyuluh dan POPT. 

“Petani dan penyuluh harus turun ke lapangan. Mereka harus terus berproduksi serta memastikan pertanian tidak terganggu, agar produktivitas tetap terjaga. Karena, pangan tidak boleh berhenti dalam kondisi apapun, untuk menjaga dan mendukung Ketahanan Pangan Indonesia,” tuturnya, Rabu (17/06/2020).

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, mengimbau kepada penyuluh untuk terus menjaga kesehatan. Sebab, penyuluh harus dapat mengawal dan mendampingi petani untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Jika penyuluh dan petani sehat, pertanian  akan berjalan dengan baik. Jika pertanian berjalan dengan baik, maka keamanan pangan kita juga terjaga. Dan ini artinya tidak akan terjadi krisis pangan di Tanah Air,” paparnya.

Petani dan penyuluh juga harus menjaga pertanian dari gangguan, termasuk gangguan gulma. Gulma merupakan tumbuhan yang pada areal yang tidak dikehendaki. Tanaman liar ini secara langsung maupun tidak langsung merugikan tanaman budidaya.

Pengenalan suatu jenis gulma dapat dilakukan dengan melihat keadaan morfologi, habitat, dan bentuk pertumbuhanya. Berdasarkan keadaan morfologinya, dikenal gulma rerumputan, teki-tekian, dan berdaun lebar. Tanaman ini dapat merugikan petani karena dapat menurunkan hasil produksi padi.

Kelompoktani Karya Bakti, Desa Karang Sari merupakan salah satu desa di Kecamatan Karang Agung Ilir, termasuk yang aktif melakukan pengendalian gulma  pada musim tanam kedua (MT2) pada bulan April-September 2020. 

Pengendalian gulma pada tanaman padi dapat dilakukan melalui berbagai cara diantaranya melalui pengendalian secara fisik, biologis dan kimiawi.  Pengendalian gulma secara kimiawi menggunakan herbisida untuk mematikan atau menekan pertumbuhan gulma, baik secara selektif maupun non selektif. 

Pengendalian ini cepat dan efektif untuk areal yang luas namun memiliki segi negatif diantaranya  keracunan tanaman, dan efek residu terhadap pencemaran lingkungan.

“Pengendalian gulma secara kimiawi harus merupakan pilihan terakhir apabila cara-cara pengendalian gulma lainnya tidak berhasil,” tutur penyuluh Karang agung Ilir Khaerudin.

Kecamatan Karang Agung Ilir merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Banyuasin yang akan mendapatkan kegiatan Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) tahun 2020. Kegiatan ini difokuskan pada penguatan BPP dalam mendukung teknologi berbasis CSA.

Tujuan CSA diantaranya meningkatkan produksi hasil pertanian melalui peningkatan produktivitas maupun peningkatan Indek Pertanaman (IP) yang berimplikasi pada pendapatan petani secara berkelanjutan, tanpa merusak lingkungan melalui adaptasi terhadap perubahan iklim serta mengurangi dan atau menghilangkan emisi gas rumah kaca.  ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide, saran, masukan, kritik Anda di sini untuk membangun Indonesia yang jaya dan sejahtera. Bebas dan demokratis. Tapi jangan spam dong... Terimakasih

BERKARYA UNTUK BANGSA & NEGARA

Situs KIta CInTA (Kita Cinta Tanah Air) Indonesia kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia yang cinta tanah air dimana pun berada. Kami menantikan karya Anda untuk mengisi konten di situs ini. Baik itu tulisan maupun foto tentang pejabat partai, daerah, negara termasuk ativitas partai, pemerintahan mulai dari Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Juga segala kegiatan yang berkaitan dengan kenegaraan. Caranya, kirim karya tulis atau foto Anda ke e-mail: aagwaa@yahoo.com.

Komentar Anda