coia

Menu

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19
Anda memiliki kepedulian pada wartawan kami yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19)? Salurkan kepedulian dan kasih Anda dengan mengirimkan donasi ke * BANK BCA NO REKENING 2291569317 * BANK BNI NO REKENING 0428294880 * BANK BRI NO REKENING 0539-01-008410-50-1 Semoga Tuhan YME membalas dengan rezeki yang bertambah.

Pencarian

Rabu, 24 Juni 2020

Pemakaman Jenazah Standar Covid Geger, Rumah Sakit Salah Kirim Jenazah

KCI - SURABAYA: Video prosesi pemakaman jenazah yang tertukar di sebuah pemakaman umum di Kota Surabaya mendadak viral di media sosial. Video berdurasi 1 menit 39 detik berisi tentang pemakaman yang menggunakan standar protokol Covid-19 itu, langsung heboh gara-gara pihak rumah sakit salah mengirim jenazah.

Sejumlah pelayat yang ditemui di tempat pemakaman menyebutkan bahwa jenazah yang hendak dimakamkan itu adalah Samsul Huda warga Jalan Pagesangan Surabaya. “Petugas di mobil ambulans datang membawa jenazah almarhum, memberikan surat. Saat kami baca, ternyata yang diantar bukan jenazah beliau, tapi jazad seorang perempuan," ujar sepupu almarhum, Amir Mahmud (52), Rabu (24/6/2020).

Kasus itu bermula saat malam sebelumnya, Samsulhuda dibawa ke sebuah rumah sakit swasta di Wonokromo Surabaya, karena mendadak mengalami serangan jantung. Tapi belum sempat satu jam menjalani perawatan atau sekitar pukul 21.30 WIB, almarhum menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Sesuai kesepakatan, jenazah itu hendak dimakamkan keesokan harinya di pemakaman dekat dengan kediaman almarhum. Pihak keluarga dan para pelayat sejak pagi datang ke pemakaman itu untuk menunggu kedatangan jenazah pensiunan karyawan pabrik sabun di Surabaya tersebut.

Almarhum diperlakukan seperti pasien Covid-19. Bahkan dalam prosesi pemakaman Rabu pagi tadi, petugas mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Peti mati yang dibawa petugas langsung diturunkan dari ambulans dan dibawa ke liat lahat.

Beruntung, sebelum diturunkan ke liang lahat, pihak keluarga membaca detil isi surat hingga akhirnya dipastikan bahwa jenazah itu telah tertukar. Suasana sedih sanak kerabat yang menghadiri pemakaman berubah menjadi kekecewaaan mendalam.

Mereka akhirnya meminta petugas untuk membawa pulang lagi jenazah perempuan yang beralamat di Wonocolo Surabaya itu, dan menggantikannya dengan jenazah yang seharusnya. Tanpa banyak cakap, petugas pun langsung mengangkat kembali peti yang sudah berada di bibir liang lahat itu, untuk dimasukkan ke mobil ambulans.

Humas RSI Jemursari, Ibnu saat dikonfirmasi wartawan, belum berani memberikan penjelasan. Menurutnya, ada aturan tersendiri untuk memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

 ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide, saran, masukan, kritik Anda di sini untuk membangun Indonesia yang jaya dan sejahtera. Bebas dan demokratis. Tapi jangan spam dong... Terimakasih

BERKARYA UNTUK BANGSA & NEGARA

Situs KIta CInTA (Kita Cinta Tanah Air) Indonesia kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia yang cinta tanah air dimana pun berada. Kami menantikan karya Anda untuk mengisi konten di situs ini. Baik itu tulisan maupun foto tentang pejabat partai, daerah, negara termasuk ativitas partai, pemerintahan mulai dari Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Juga segala kegiatan yang berkaitan dengan kenegaraan. Caranya, kirim karya tulis atau foto Anda ke e-mail: aagwaa@yahoo.com.

Komentar Anda