coia

Menu

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19

Peduli Wartawan Terdampak Covid-19
Anda memiliki kepedulian pada wartawan kami yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19)? Salurkan kepedulian dan kasih Anda dengan mengirimkan donasi ke * BANK BCA NO REKENING 2291569317 * BANK BNI NO REKENING 0428294880 * BANK BRI NO REKENING 0539-01-008410-50-1 Semoga Tuhan YME membalas dengan rezeki yang bertambah.

Pencarian

Selasa, 30 Juni 2020

Transisi PSBB Jakarta Berakhir, Masih Ada Yang Dikhawatirkan Anies

KCI - JAKARTA: Masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta akan berakhir Kamis (2/7/2020). Bagaimana selanjutnya? Diteruskan ataukah langsung beralih ke kebiasaan baru atau new normal? Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan jawaban begini. 

Anies Baswedan berjanji akan memberikan jawaban dalam waktu dekat. Dia bakal mengumumkan kepastian pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Jakarta secepatnya.

"Insyaallah (PSBB transisi) kan sampai tanggal 2 Juli. Jadi berakhir tanggal 2 Juli, nanti akan kami umumin sebelum atau pas tanggal 2-nya," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Anies mengatakan saat ini pihaknya telah mengelaborasi data-data terkini ihwal penyebaran virus corona di Jakarta dalam masa PSBB transisi. "Justru sekarang itu datanya lagi diupdate yang terbaru supaya ketika kami mengumumkan dengan informasi yang akurat," ujarnya.

Anies beberapa kali menyatakan kasus positif harian corona di Jakarta cenderung menurun selama PSBB transisi. Kalaupun ada penambahan yang signifikan, menurut dia hal itu disebabkan tes PCR di Jakarta meningkat.

Di sisi lain, Anies mengaku khawatir terjadi lonjakan kasus positif virus corona selama PSBB transisi di Jakarta. "Sejauh ini selama seminggu terakhir kita sudah melakukan pemantauan. Yang dikhawatirkan adalah sesudah terjadi transisi lalu muncul lonjakan kasus," ujar Anies saat ditemui di kawasan Stasiun Sudirman, Rabu (17/6/2020) lalu.

Untuk saat ini dirinya dan jajaran Pemprov DKI bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 DKI, masih terus memutakhirkan data lapangan terhadap pelaksanaan PSBB masa transisi. Data tersebut yang nantinya sebagai bahan sekaligus pertimbangan, apakah meneruskan masa transisi atau mengembalikan Jakarta pada pembatasan-pembatasan.

"Justru sekarang itu datanya lagi diupdate yang terbaru, supaya ketika kami mengumumkan dengan informasi yang akurat," jelasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan positivity rate atau tingkat positif Covid-19 di ibu kota sempat berada di angka 3,8 persen selama dua hari, dengan rata- rata 5 persen. 

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta per Juni 2020, ibu kota saat ini memiliki kapasitas 4.556 tempat tidur dan 659 fasilitas ruang Intensive Care Unit (ICU) yang tersebar di 67 rumah sakit.

Jumlah faskes tidak seluruhnya terpakai, melainkan cuma 30-35 persen dari total kapasitas yang ada.
Selama satu pekan terakhir Pemprov DKI juga melakukan tes dengan rasio 2.116 tes per 1 juta penduduk.

Jumlah ini disebut 2,1 kali lipat dari rekomendasi WHO yang menargetkan 1.000 tes per 1 juta penduduk per pekan ketika pelonggaran berjalan. "Artinya, kita kerja makin terasa dampaknya," kata Anies Baswedan dalam video yang diunggah kanal YouTube Pemprov DKI, Jumat (26/6/2020).

Hingga Senin (29/6) kemarin, jumlah kasus positif corona mencapai 11.080 kasus. Dari jumlah tersebut, 6.118 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 636 orang meninggal dunia.

PSBB transisi berlaku diterapkan sejak 5 Juni 2020. Sejak itu sejumlah kegiatan yang dibatasi selama PSBB mendapat pelonggaran.

Beberapa di antaranya kegiatan ibadah termasuk salat Jumat kembali dibuka dan sejumlah perkantoran kembali beroperasi. Sepekan berselang atau pada 15 Juni giliran pusat perbelanjaan dan mal yang kembali diizinkan beroperasi. Pada 20 Juni, gliran taman dan tempat-tempat rekreasi yang diizinkan kembali dibuka.
 ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuangkan ide, saran, masukan, kritik Anda di sini untuk membangun Indonesia yang jaya dan sejahtera. Bebas dan demokratis. Tapi jangan spam dong... Terimakasih

BERKARYA UNTUK BANGSA & NEGARA

Situs KIta CInTA (Kita Cinta Tanah Air) Indonesia kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia yang cinta tanah air dimana pun berada. Kami menantikan karya Anda untuk mengisi konten di situs ini. Baik itu tulisan maupun foto tentang pejabat partai, daerah, negara termasuk ativitas partai, pemerintahan mulai dari Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. Juga segala kegiatan yang berkaitan dengan kenegaraan. Caranya, kirim karya tulis atau foto Anda ke e-mail: aagwaa@yahoo.com.

Komentar Anda